Rabu, 18 Maret 2020

Perbadaan Asuransi convensional dan Asuransi syariah




"Bu Natalia apa sih bedanya asuransi convensional sama asuransi syariah ....?"

1. Akadnya.
Syariah menggunakan akad tabarru/tolong menolong, convensional menggunakan akad jual beli.

2. Prinsip dasar asuransi.
Syariah menggunakan prinsip saling menanggung resiko antara perusahaan dan peserta ( sharing risk ). Convensional memindahkan resiko dari peserta ke perusahaan secara penuh ( transfer risk).

3. Kepemilikan dana.
Dana syariah milik peserta asuransi sedangkan dana convensional milik perusahaan asuransi.

4. Objek.
Dana syariah diinvestasikan ke objek-objek yg halal dan tidak mendatangkan syubhat, sedangkan dana convensional diinvestasikan ke objek-objek yg bisa mendatangkan keuntungan.

5. Investasi dana.
Dana syariah yg belum terpakai diinvestasikan ke lembaga-lembaga yg berbasis syariah  berdasarkan sistem bagi hasil. Sedangkan convensional berdasarkan sistem bunga.

6. Pembayaran klaim.
Pembayaran klaim syariah diambil dari dana di rekening bersama, yg sudah diikhlaskan peserta untuk menolong peserta yg terkena musibah, sedangkan  convensional melalui perbandingan antara resiko dan modal, dananya diambil dari rekening perusahaan.

7. Dewan pengawas syariah.
Asuransi syariah memiliki dewan pengawas yg tugasnya mengawasi asuransi syariah supaya berjalan sesuai syariah, sedangkan asuransi convensional tidak memiliki dewan pengawas khusus.

Jadi asuransi mana pilihanmu?

More info just chat me, free !!!

#yangmudayangberasuransi  #gerakansadarasuransi #MeandMyClient

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perbadaan Asuransi convensional dan Asuransi syariah

"Bu Natalia apa sih bedanya asuransi convensional sama asuransi syariah ....?" 1. Akadnya. Syariah menggunakan akad ta...