Minggu, 30 Juni 2013

Yuk investasi di Unit Link


         
          Jika kita memiliki banyak uang dan ingin berinvestasi, banyak pilihan jenis investasi. Salah satu investasi yang akan saya perkenalkan disini adalah investasi di unit link.Kita perkenalkan dulu apa itu unit link.Unit link adalah suatu program yang di tawarkan perusahaan asuransi yang memadukan program investasi dengan program perlindungan. Karena kebutuhan masyarakat yang menginginkan kemudahan maka di ciptakanlah program unit link ini. Untuk lebih jelas lagi unit link adalah sebuah program yang menyatukan perlindungan atau asuransi ( jiwa, kesehatan ) dengan program investasi dengan hanya membayar satu premi dan dalam satu polis.
                Ada beberapa jenis investasi yang akan saya perkenalkan yaitu saham, obligasi dan pasar uang. Jika kita ingin berinvestasi sendiri dalam tiga bentuk investasi tadi kita harus mempunyai dana yang tidak sedikit. Minimal dana yang harus kita investasikan adalah Rp.100.000.000. Belum lagi kerepotan kita mengurus investasi tersebut serta resiko kerugian yang harus kita tanggung. Untuk lebih jelan akan saya uraikan satu per satu.
                 Saham adalah surat pernyataan kepemilikan atas suatu perusahaan yang sudah go public, diterbitkan oleh perusahaan yang bersangkutan. Dengan membeli saham berarti kita dan perusahaan mempunyai hak yang sama atas keuntungan dan kerugian perusahaan. Berarti jika perusahaan untung maka pemilik saham akan kebagian keuntungannya. Tapi jika perusahaan rugi maka pemilik saham akan kehilangan uangnya.
          Obligasi adalah surat pernyataan hutang yang diterbitkan pemerintah atau badan usaha Indonesia dimana penerbit akan membayarkan sejumlah uang berikut bunga dalam waktu tertentu. Jenis ini lebih aman karena uang kita dan bunganya akan kembali pada waktu yang telah di tentukan. Tapi jika perusahaan ini mendapat untung besar kita hanya bisa gigit jari atau memberi selamat.
           Pasar uang adalah instrumen investasi atau surat hutang negara yang memiliki jatuh tempo kurang dari satu tahun. Investasi di pasar uang inilah yang paling aman, tapi kita hanya mempunyai keuntungan sedikit.
          Jika kita ingin berinvestasi tapi tak mau ribet maka kita bisa menginvestasikan uang kita di unit link. Keungan kita di kelola oleh perusahaan dalam bentuk diatas dan kita tak perlu mengurusinya. Selain itu juga kita mempunyai program perlindungan jika terjadi resiko sakit atau meninggal. Hasil dari investasi di unit link tergantung dari besarnya premi yang kita bayarkan. juga tergantung dari tingkat suku bunga yang berlaku. Suku bunga yang berlaku biasanya berkisar antara 5% ( dalam masa krisis ) hingga  14% ( dalam situasi normal). Tapi ada juga kemungkinan suku bunga mencapai 20% dan keadaan ini tak bisa di prediksi sebelumnya. Intinya semakin banyak uang yang kita investasikan dan semakin lama masa investasinya, maka keuntungan yang kita dapatkan akan semakin banyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perbadaan Asuransi convensional dan Asuransi syariah

"Bu Natalia apa sih bedanya asuransi convensional sama asuransi syariah ....?" 1. Akadnya. Syariah menggunakan akad ta...