Sabtu, 31 Agustus 2019

Jumlah uang pertanggungan ideal

Nat, berapa sih uang pertanggungan yg ideal?

Uang pertanggungan adalah sejumlah uang yg akan diberikan kepada ahli waris dari nasabah perusahaan asuransi apabila terjadi resiko meninggal dunia baik akibat kecelakaan ataupun sakit, atau jika nasabah terdiagnosa salah satu penyakit kritis.

Jumlah ideal dari uang pertanggungan adalah 10x penghasilan tahunan. Jadi misalkan penghasilan kita 10jt/bln maka 10 jt x 12 x 10 sama dengan 1,2 milyar.

Banyak bgt ya Nat, gmn cara gue nabungnya banyak gitu?

Iya memang banyak. Jika kamu menabung di bank 1jt/bln utk mengumpulkan uang pertanggungan sebanyak itu, kamu butuh waktu 100 thn utk mencapai jumlah 1,2 milyar. Itupun jika kamu terus menabung dan dalam keadaan sehat. Tapi lain ceritanya jika kamu sakit, harus rawat inap dan membutuhkan biaya, apalagi biayanya tidak sedikit, pasti saldo tabunganmu aku berkurang atau bahkan habis.
Tapi jika kamu menyimpan dananya diperusahaan asuransi, sejak premi pertama 1jt kamu setorkan, uang pertanggungan yg 1,2 milyar sudah bisa dipastikan cair kapanpun resiko itu terjadi, karena tak ada satupun manusia yg tahu apa yg akan terjadi besok. Bagaimana jika kita sakit, apa saldonya bisa berkurang atau habis?
Tentu saja tidak. Saldo uang pertanggungan nasabah tetap utuh berapa kali pun nasabah menjalani rawat inap.

Gunanya uang pertanggungan apa?

Banyak manfaat uang pertanggungan diantaranya adalah sebagai pengganti penghasilan apabila kita depositokan, sebagai biaya pendidikan anak, sebagai pelunasan semua hutang yg ditinggalkan nasabah, sebagai pelunasan biaya pajak atas harta warisan dll.

Uang pertanggungan gue baru 200jt Nat, jadi gue harus gmn?

200 jt jauh lebih baik dari tidak punya sama sekali. Tapi kamu masih punya gep 1 milyar dari up ideal kamu. Berati jika kedepan karier kamu membaik dan penghasilan mu bertambah, kamu bisa bertahap menambah nilai up mu dengan membeli polis baru sampai nilai up mu mencapai jumlah ideal.

Yuk hitung berapa up ideal kamu, dan mulai mempersiapkannya. More info ping me !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perbadaan Asuransi convensional dan Asuransi syariah

"Bu Natalia apa sih bedanya asuransi convensional sama asuransi syariah ....?" 1. Akadnya. Syariah menggunakan akad ta...