Senin, 10 Agustus 2015

Waspada Demam berdarah



Musim panas, biasanya berkembang banyak sekali nyamuk. Waspadalah, nyamuk yang berkembang juga di musim panas adalah nyamuk Aedes aigypty yang merupakan nyamuk penyebar virus aedes penyebab penyakit demam berdarah. Ciri-ciri nyamuk ini badannya bintik-bintik, menggigit tidak dengan posisi nungging, terbang hanya di siang dan sore hari, biasa diam di pakaian yang menggantung dan berkembang biak digenangan air bening yang biasa terdapat di vas bunga, ember, barang-barang bekas dll.



Manusia yang terkena gigitan nyamuk ini akan mulai terlihat gejala demam berdarah pada 13-14 hari dari masa inkubasi atau masa dimana nyamuk pertama kali menggigit. Virus aedes dipindahkan dari pasien demam berdarah ke orang yang sehat oleh nyamuk ini melalui gigitannya.Setelah masa inkubasi, orang yang terkena gigitan akan mulai merasakan gejala seperti pusing, demam tinggi, kadang sakit pada tenggorokan, mual, nyeri pada tulang dan persendian serta terdapat banyak bintik merah di permukaan kulit. Inilah fase dimana virus aedes mulai menyerang tubuh kita.

Antara 5 hari dari gejala demam tinggi tersebut, pasien kemudian akan turun panas badannya, tapi jangan salah justru pada masa inilah pasien dalam keadaan kritis. Trombosit pasien bisa menurun drastis di fase ini. Bahkan bisa mencapai 10.000 saja dari jumlah normal manusia di angka 150.000. Sungguh mengerikan, ditahap ini darah menjadi mengental dan tak jarang mengakibatkan kematian.



Biasanya seseorang yang mendapatkan gejala seperti penyakit diatas mengira akan sembuh ketika demamnya turun, padahal trombositnya turun dan ia memasuki masa kritis. Hal yang sering tak diketahui atau kita abaikan. Tes darah adalah jalan terbaik yang bisa kita lakukan untuk mengetahui apakah gejala yang ditimbulkan tadi adalah gejala demam berdarah atau bukan. Dengan demikian kita bisa menindak lanjuti penangannya berikutnya dengan tepat.

Tak ada obat yang bisa menyembuhkan demam berdarah. Tapi hal yang bisa dilakukan adalah memasukan cairan sebanyak-banyaknya kedalam tubuh baik melalui infus maupun minum untuk mengghindari darah membeku. Dalam demam berdarah yang kita alami mirip dengan pelana kuda. Panas tinggi diawal, menandakan penyakit mulai berkembang, turun panas badan kemudian ini menandakan pasien memasuki masa kritis baru kemudian naik lagi panas badan menandakan keadaan membaik.



Menghilangkan nyamuk ini harus dengan cara memutus mata rantai perkembangbiakannya. Bersihkan semua barang bekas kubur dalam tanah. Apalagi barang bekas yang bisa terdapat genangan air. Vas bunga bak mandi harus dikuras seminggu sekali. Jangan biarkan baju banyak bergantungan dikamar karena nyamuk senang berdiam disana. Terakhir lakukan voging atau penyemprotan untum membunuh nyamuk dewasa. 

Demikian hal yang bisa kita lakukan, waspadalah sebelum semuanya terlambat, karena demam berdarah telah menelan banyak korban.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perbadaan Asuransi convensional dan Asuransi syariah

"Bu Natalia apa sih bedanya asuransi convensional sama asuransi syariah ....?" 1. Akadnya. Syariah menggunakan akad ta...