Menjadi seorang agen asuransi memang suatu pekerjaan yang tidak mudah. Kita dituntut untuk punya rasa percaya diri yang tinggi, penampilan menarik, pengetahuan tentang produk yang kita pasarkan cukup, kemampuan bicara yang baik serta memiliki wawasan luas. Semua itu juga harus didukung oleh faktor keberuntungan juga. Terlebih lagi sebagian dari masyarakat kita memiliki mental block atau menutup diri terhadap asuransi juga memandang sebelah mata tentang asuransi.
Banyak hal yang menyebabkan masyarakat kurang peduli kepada asuransi. Mereka belum paham betul apa dan bagaimana asuransi itu, tapi mereka telah banyak mendengar pengalaman-pengalaman buruk para nasabah yang pernah mengikuti asuransi. Jadi mereka buru-buru membangun mental block pada diri mereka ketika ada seseorang yang menawarkan asuransi. Bisa jadi juga jangka waktu panjang yang menyebabkan seseorang malas untuk ikut asuransi, atau juga mereka tidak punya uang yang cukup untuk membayar premi. Banyak alasan mengapa masyarakat kita cenderung mengabaikan asuransi.
Tapi tidak semua masyarakat berpikiran seperti di atas. Sekarang telah banyak orang yang menganggap asuransi sebagai suatu kebutuhan. Banyak orang yang mempunyai lebih dari satu polis. Banyak juga perusahaan yang menyarankan karyawannya untuk mengikuti program asuransi. Mereka dengan sengaja mencari dan membeli beberapa produk asuransi. Dan mereka juga telah merasakan manfaatnya.
Sebenarnya asuransi adalah program yang baik. Asuransi membantu kita dalam merencanakan atau mengatur keuangan kita di masa yang akan datang. Dengan membayar sejumlah premi, anggap saja menabung, maka keuangan kita seperti dana kesehatan, dana pendidikan dana pensiun telah kita persiapkan dari sekarang. Dengan demikian semua akan terasa jauh lebih ringan pada saat kita membutuhkan biaya-biaya tersebut pada waktunya nanti. Tentu saja semua program diatas menguntungkan bagi nasabah.
Jika semua menguntungkan lalu mengapa masih ada saja yang complain atas kinerja asuransi? Asuransi dibuat dengan berbagai aturan. Semua aturan tersebut jelas dan bertujuan untuk melindungi dana nasabah dan selanjutnya memberikan manfaat. Tetepi pada prakteknya ada agen yang tidak menyampaikan semua aturan tersebut. Jadi informasi yang nasabah dapatkan tidak lengkap. Kemudian pada saat klaim barulah timbul masalah karena informasi yang tidak lengkap tadi. Jadi sebelum kita memutuskan untuk membeli polis asuransi sebaiknya kita memperbanyak mencari info tentang asuransi, pilih mana yang menurut kita terbaik, kemudian tanya dengan rinci semua hal yang kita ingin tahu kepada para agen asuransi, jika perlu datangi kantor cabangnya untuk informasi yang lebih lengkap. Jangan malu atau segan bertanya, karena tugas agen adalah menjelaskan selengkap mungkin tentang produk asuransi, jangan melihat keuntungannya saja, tapi lihat juga aturan serta resiko yang harus kita hadapi. Jika informasinya telah lengkap barulah kita bayar premi dan tandatangani kontrak dengan pihak asuransi. Jika kita membutuhkan informasi tambahan tanya pada agen asuransi yang bersangkutan, jangan tanya pada orang-orang yang awam, karena biasanya informasi dari mereka menyesatkan. Dengan demikian maka kita tidak akan menyesal di kemudian hari karena kita telah paham betul aturan yang harus kita jalankan.
Para agen asuransi pun harus menyampaikan semua informasi kepada calon nasabah. Jangan memberi informasi yang setengah-setengah hanya untuk mengejar closing dan komisi. Misi kita sebenarnya adalah menebar manfaat, jadi lakukan yang terbaik agar nasabah dapat merasakan manfaat yang optimal dengan mengikuti program asuransi. Karena asuransi adalah program yang baik dan banyak memberikan manfaat bagi nasabah. OK kawan, jangan ragu untuk ikut asuransi, pilih produk, banyak bertanya dan teliti, dan rasakan manfaatnya. Selamat bergabung.
Sebenarnya asuransi adalah program yang baik. Asuransi membantu kita dalam merencanakan atau mengatur keuangan kita di masa yang akan datang. Dengan membayar sejumlah premi, anggap saja menabung, maka keuangan kita seperti dana kesehatan, dana pendidikan dana pensiun telah kita persiapkan dari sekarang. Dengan demikian semua akan terasa jauh lebih ringan pada saat kita membutuhkan biaya-biaya tersebut pada waktunya nanti. Tentu saja semua program diatas menguntungkan bagi nasabah.
Jika semua menguntungkan lalu mengapa masih ada saja yang complain atas kinerja asuransi? Asuransi dibuat dengan berbagai aturan. Semua aturan tersebut jelas dan bertujuan untuk melindungi dana nasabah dan selanjutnya memberikan manfaat. Tetepi pada prakteknya ada agen yang tidak menyampaikan semua aturan tersebut. Jadi informasi yang nasabah dapatkan tidak lengkap. Kemudian pada saat klaim barulah timbul masalah karena informasi yang tidak lengkap tadi. Jadi sebelum kita memutuskan untuk membeli polis asuransi sebaiknya kita memperbanyak mencari info tentang asuransi, pilih mana yang menurut kita terbaik, kemudian tanya dengan rinci semua hal yang kita ingin tahu kepada para agen asuransi, jika perlu datangi kantor cabangnya untuk informasi yang lebih lengkap. Jangan malu atau segan bertanya, karena tugas agen adalah menjelaskan selengkap mungkin tentang produk asuransi, jangan melihat keuntungannya saja, tapi lihat juga aturan serta resiko yang harus kita hadapi. Jika informasinya telah lengkap barulah kita bayar premi dan tandatangani kontrak dengan pihak asuransi. Jika kita membutuhkan informasi tambahan tanya pada agen asuransi yang bersangkutan, jangan tanya pada orang-orang yang awam, karena biasanya informasi dari mereka menyesatkan. Dengan demikian maka kita tidak akan menyesal di kemudian hari karena kita telah paham betul aturan yang harus kita jalankan.
Para agen asuransi pun harus menyampaikan semua informasi kepada calon nasabah. Jangan memberi informasi yang setengah-setengah hanya untuk mengejar closing dan komisi. Misi kita sebenarnya adalah menebar manfaat, jadi lakukan yang terbaik agar nasabah dapat merasakan manfaat yang optimal dengan mengikuti program asuransi. Karena asuransi adalah program yang baik dan banyak memberikan manfaat bagi nasabah. OK kawan, jangan ragu untuk ikut asuransi, pilih produk, banyak bertanya dan teliti, dan rasakan manfaatnya. Selamat bergabung.
Tante Fenny kebetulan agen asuransi juga dan beliau jujur bahwa dalam 2 tahun pertama ada potongan premi untuk komisi agen dan perusahaan, karena asuransi baru terasa untuk pengambilan jangka panjang :)
BalasHapusFenny berencana ikut asuransi, setidaknya bisa mencicil 30% kebutuhan di masa depan. Artikel yang bagus mbak ;)
betul sekali mbak Fenny,menabung di asuransi harus dalam jangka panjang, karena pada tahun2 pertama banyak biaya yg diambil dari premi kita. Ikut asuransi apalagi pd saat kita masih berumur 20 thnan adalah keputusan yg tepat karena pd usia 40 thnan kita sudah dapat menikmati hasil investasinya dan itu tidak sedikit jumlahnya.Selamat bergabung...
Hapus