Langsung ke konten utama

Jangan ragu membeli produk asuransi

Menjadi seorang agen asuransi memang suatu pekerjaan yang  tidak mudah. Kita dituntut untuk punya rasa percaya diri yang tinggi, penampilan menarik, pengetahuan tentang produk yang kita pasarkan cukup, kemampuan bicara yang baik serta memiliki wawasan luas. Semua itu juga harus didukung oleh faktor keberuntungan juga. Terlebih lagi sebagian dari masyarakat kita memiliki mental block atau menutup diri terhadap asuransi juga memandang sebelah mata tentang asuransi. 

Banyak hal yang menyebabkan masyarakat kurang peduli kepada asuransi. Mereka belum paham betul apa dan bagaimana asuransi itu, tapi mereka telah banyak mendengar pengalaman-pengalaman buruk para nasabah yang pernah mengikuti asuransi. Jadi mereka buru-buru membangun mental block pada diri mereka ketika ada seseorang yang menawarkan asuransi. Bisa jadi juga jangka waktu panjang yang menyebabkan seseorang malas untuk ikut asuransi, atau juga mereka tidak punya uang yang cukup untuk membayar premi. Banyak alasan mengapa masyarakat kita cenderung mengabaikan asuransi.

Tapi tidak semua masyarakat berpikiran seperti di atas. Sekarang telah banyak orang yang menganggap asuransi sebagai suatu kebutuhan. Banyak orang yang mempunyai lebih dari satu polis. Banyak juga perusahaan yang menyarankan karyawannya untuk mengikuti program asuransi. Mereka dengan sengaja mencari dan membeli beberapa produk asuransi. Dan mereka juga telah merasakan manfaatnya.

Sebenarnya asuransi adalah program yang baik. Asuransi membantu kita dalam merencanakan atau mengatur keuangan kita di masa yang akan datang. Dengan membayar sejumlah premi, anggap saja menabung, maka keuangan kita seperti dana kesehatan, dana pendidikan dana pensiun telah kita persiapkan dari sekarang. Dengan demikian semua akan terasa jauh lebih ringan pada saat kita membutuhkan biaya-biaya tersebut pada waktunya nanti. Tentu saja semua program diatas menguntungkan bagi nasabah.

Jika semua menguntungkan lalu mengapa masih ada saja yang complain atas kinerja asuransi? Asuransi dibuat dengan berbagai aturan. Semua aturan tersebut jelas dan bertujuan untuk melindungi dana nasabah dan selanjutnya memberikan manfaat. Tetepi pada prakteknya ada agen yang tidak menyampaikan semua aturan tersebut. Jadi informasi yang nasabah dapatkan tidak lengkap. Kemudian pada saat klaim barulah timbul masalah karena informasi yang tidak lengkap tadi. Jadi sebelum kita memutuskan untuk membeli polis asuransi sebaiknya kita memperbanyak mencari info tentang asuransi, pilih mana yang menurut kita terbaik, kemudian tanya dengan rinci semua hal yang kita ingin tahu kepada para agen asuransi, jika perlu datangi kantor cabangnya untuk informasi yang lebih lengkap. Jangan malu atau segan bertanya, karena tugas agen adalah menjelaskan selengkap mungkin tentang produk asuransi, jangan melihat keuntungannya saja, tapi lihat juga aturan serta resiko yang harus kita hadapi. Jika informasinya telah lengkap barulah kita bayar premi dan tandatangani kontrak dengan pihak asuransi. Jika kita membutuhkan informasi tambahan tanya pada agen asuransi yang bersangkutan, jangan tanya pada orang-orang yang awam, karena biasanya informasi dari mereka menyesatkan. Dengan demikian maka kita tidak akan menyesal di kemudian hari karena kita telah paham betul aturan yang harus kita jalankan.

Para agen asuransi pun harus menyampaikan semua informasi kepada calon nasabah. Jangan memberi informasi yang setengah-setengah hanya untuk mengejar closing dan komisi. Misi kita sebenarnya adalah menebar manfaat, jadi lakukan yang terbaik agar nasabah dapat merasakan manfaat yang optimal dengan mengikuti program asuransi. Karena asuransi adalah program yang baik dan banyak memberikan manfaat bagi nasabah. OK kawan, jangan ragu untuk ikut asuransi, pilih produk, banyak bertanya dan teliti, dan rasakan manfaatnya. Selamat bergabung.

Komentar

  1. Tante Fenny kebetulan agen asuransi juga dan beliau jujur bahwa dalam 2 tahun pertama ada potongan premi untuk komisi agen dan perusahaan, karena asuransi baru terasa untuk pengambilan jangka panjang :)

    Fenny berencana ikut asuransi, setidaknya bisa mencicil 30% kebutuhan di masa depan. Artikel yang bagus mbak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali mbak Fenny,menabung di asuransi harus dalam jangka panjang, karena pada tahun2 pertama banyak biaya yg diambil dari premi kita. Ikut asuransi apalagi pd saat kita masih berumur 20 thnan adalah keputusan yg tepat karena pd usia 40 thnan kita sudah dapat menikmati hasil investasinya dan itu tidak sedikit jumlahnya.Selamat bergabung...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indahnya berbagi

Berbagi, mungkin sebagian orang sering melakukan dan sebagian lagi jarang. Sah saja, semua itu tergantung dari hati masing-masing. Ada yang punya pemikiran ah berbagi hanya jika dapat uang banyak, itupun ia sisihkan hanya sedikit saja. Ada yang berani berbagi dengan jumlah banyak, bahkan ada yang rela mengorbankan kepentingan dirinya demi untuk dapat berbagi. Inti dari berbagi adalah ikhlas. Jika tak ada keikhlasan jangankan untuk berbagi, andaipun iya mereka lakukan pasti dengan hati yang dongkol dan terpaksa. Tapi orang-orang yang ikhlas, setelah ia memberikan sesuatu, ia akan melupakannya. Ia tak ingin orang lain mengetahui apa yang telah ia lakukan. Karena bercerita pada orang lain tentang hal atau kebaikan yang telah ia lakukan akan mengurangi rasa ikhlas itu atau bisa juga di sebut pamer ( riya ) Selain itu berbagi juga bisa membuat kebahagiaan batin yang luar biasa. Kenapa tidak, melihat orang lain berbahagia karena kebaikan kita adalah hal yang tera...

Namaku, Widy Fabian.

Asuransi ,masih banyak masyarakat kita yang kurang paham bahkan tak kenal apa itu.  yang memandang sebelah mata terhadap program ini. Mungkin pemahaman mereka tentang apa itu asuransi masih sangat minim. Jangankan mereka yang tidak ikut program asuransi, yang sudah ikut saja kadang tidak mengetahui program asuransi apa yang telah ia beli. Apa manfaatnya dan cara-cara klaim tak mereka ketahui, miris juga rasanya. Inilah tugasku.Mengajarkan kepada para agen asuransi tentang produk-produk asuransi, juga pengembangan sumber daya manusianya. Aku adalah seorang pengajar ( trainer ) di salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Asia.Menciptakan agen-agen asuransi yang professional adalah tugas utamaku. Satu pekerjaan yang tak mudah karena membawa beban moril.   Selain harus mengajaraku juga masih harus terus belajar karena produk-produk asuransi terus berkembang mengikuti keinginan pasar. Jika ada produk ...

Tips membuat kartu cantik dengan menggunakan PhotoScape

Membuat kartu ucapan atau gambar cantik untuk seseorang dengan gambar dan kata-kata sendiri tentu sangat menyenangkan, terutama ucapan tersebut kita tujukan pada orang-orang yang kita sayangi. Berikut langkah-langkah  membuat kartu tersebut dengan menggunakan program aplikasi PhotoScape.  1. Masuk ke program photoscape, maka akan muncul tampilan sebagai berikut 2. Pilih menu editor 3.  Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut, pilih gambar yang kita suka dari koleksi gambar kita . Kemudian klik gambar yang kita pilih seperti gambar di bawah ini 4. Untuk memberi object pada gambar, seperti tulisan, accessoris, foto, simbol dll. 5. Untuk menambahkan teks tulisan pilih icon huruf T seperti pada gambar berikut 6. Kemudian muncul tampilan berikut. Tuliskan kalimat yang anda inginkan pada kolom text. Sesuaikan font dan ukuran serta warna huruf sesuai dengan keinginan anda. Setelah selesai klik OK. Dan atur posisi kalimat seperti yang anda ingin...