Langsung ke konten utama

Agen asuransi berikut suka dukanya.

Menjadi seorang agen asuransi bukan pekerjaan yang mudah. Meski latar belakang pekerjaanku sebelumnya  adalah marketing. Walau sama-sama menawarkan sesuatu, tapi produk asuransi adalah produk yang tidak nyata/jasa, jadi menawarkan produk tersebut tak sama dengan menawarkan barang-barang yang lainnya. Perlu product knowladge yang cukup baik, kepandaian berbicara yang baik, punya banyak relasi/teman, penampilan yang prima serta rasa percaya diri yang besar.

 Banyak suka maupun duka yang mengiringi perjalananku menjadi seorang agen. Sukanya kita punya banyak teman. Di perusahaan asuransi rasa persaudaraan lebih terasa. Kami biasa bekerja saling support satu sama lain, baik sesama agen, maupun ke para pimpinan kami. Selain itu pekerjaan kami yang mengharuskan bertemu dengan banyak orang, berkomunikasi dengan banyak orang yang mempunyai sifat yang sangat beragam. Menjadikanku mampu membaca karakter seseorang juga menghadapinya. Dan berhubungan dengan banyak orang juga membuat kita mempunyai wawasan yang luas, pandai bergaul, punya banyak pengalaman juga menjadikan kita lebih mempunyai peluang karena kita menghadapi banyak orang dengan beragam pekerjaan. Di perusahaan asuransi juga, mentalku sebagai seorang agen benar-benar diuji, manakala menghadapi nasabah yang komplain atau menghadapi penolakan dari prospek. Aku juga dituntut jeli melihat peluang, serta bekerja keras untuk bisa mencapai target. Yang paling besar diantara semuanya adalah kesabaran, karena produk asuransi belum begitu bisa diterima di masyarakat kita.

Dukanya jika menghadapi prospek yang mempunyai mental block terhadap produk asuransi dan menjelek-jelekkannya. Walaupun mereka tidak menyukai produk asuransi, mereka bisa menolak dengan sopan tanpa harus mengeluarkan kata dengan nada yang tinggi bahkan kata-kata yang tak sopan. Atau menghadapi orang yang merasa tahu tentang asuransi, padahal apa yang dia tahu itu salah besar. Mereka terus saja berbicara hal-hal yang salah tanpa memberi kami kesempatan untuk mengklarifikasi. Mungkin banyak pengalaman buruk yang terjadi di masyarakat yang menyebabkan mereka begitu ngotot. Padahal pengalaman buruk tersebut terjadi karena pada saat mereka membeli polis asuransi mereka tidak mendapatkan informasi yang cukup tentang produk tersebut, pelaksanaannya, cara klaim dll. Informasi yang tak lengkap inilah yang akan menjadi masalah di kemudian hari.

Terlepas dari suka maupun duka menjadi seorang agen, itulah profesiku. Terus maju, sabar, tetap kerja keras, optimis, selalu memberikan yang terbaik serta tak lupa banyak berdoa. Semoga Tuhan menguatkan dan memudahkan jalanku. Satu hal yang selalu aku tanamkan dalam hati, don't ever give up, just find the way do the best thing, and you can do it !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Indahnya berbagi

Berbagi, mungkin sebagian orang sering melakukan dan sebagian lagi jarang. Sah saja, semua itu tergantung dari hati masing-masing. Ada yang punya pemikiran ah berbagi hanya jika dapat uang banyak, itupun ia sisihkan hanya sedikit saja. Ada yang berani berbagi dengan jumlah banyak, bahkan ada yang rela mengorbankan kepentingan dirinya demi untuk dapat berbagi. Inti dari berbagi adalah ikhlas. Jika tak ada keikhlasan jangankan untuk berbagi, andaipun iya mereka lakukan pasti dengan hati yang dongkol dan terpaksa. Tapi orang-orang yang ikhlas, setelah ia memberikan sesuatu, ia akan melupakannya. Ia tak ingin orang lain mengetahui apa yang telah ia lakukan. Karena bercerita pada orang lain tentang hal atau kebaikan yang telah ia lakukan akan mengurangi rasa ikhlas itu atau bisa juga di sebut pamer ( riya ) Selain itu berbagi juga bisa membuat kebahagiaan batin yang luar biasa. Kenapa tidak, melihat orang lain berbahagia karena kebaikan kita adalah hal yang tera...

Namaku, Widy Fabian.

Asuransi ,masih banyak masyarakat kita yang kurang paham bahkan tak kenal apa itu.  yang memandang sebelah mata terhadap program ini. Mungkin pemahaman mereka tentang apa itu asuransi masih sangat minim. Jangankan mereka yang tidak ikut program asuransi, yang sudah ikut saja kadang tidak mengetahui program asuransi apa yang telah ia beli. Apa manfaatnya dan cara-cara klaim tak mereka ketahui, miris juga rasanya. Inilah tugasku.Mengajarkan kepada para agen asuransi tentang produk-produk asuransi, juga pengembangan sumber daya manusianya. Aku adalah seorang pengajar ( trainer ) di salah satu perusahaan asuransi terkemuka di Asia.Menciptakan agen-agen asuransi yang professional adalah tugas utamaku. Satu pekerjaan yang tak mudah karena membawa beban moril.   Selain harus mengajaraku juga masih harus terus belajar karena produk-produk asuransi terus berkembang mengikuti keinginan pasar. Jika ada produk ...

Tips membuat kartu cantik dengan menggunakan PhotoScape

Membuat kartu ucapan atau gambar cantik untuk seseorang dengan gambar dan kata-kata sendiri tentu sangat menyenangkan, terutama ucapan tersebut kita tujukan pada orang-orang yang kita sayangi. Berikut langkah-langkah  membuat kartu tersebut dengan menggunakan program aplikasi PhotoScape.  1. Masuk ke program photoscape, maka akan muncul tampilan sebagai berikut 2. Pilih menu editor 3.  Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut, pilih gambar yang kita suka dari koleksi gambar kita . Kemudian klik gambar yang kita pilih seperti gambar di bawah ini 4. Untuk memberi object pada gambar, seperti tulisan, accessoris, foto, simbol dll. 5. Untuk menambahkan teks tulisan pilih icon huruf T seperti pada gambar berikut 6. Kemudian muncul tampilan berikut. Tuliskan kalimat yang anda inginkan pada kolom text. Sesuaikan font dan ukuran serta warna huruf sesuai dengan keinginan anda. Setelah selesai klik OK. Dan atur posisi kalimat seperti yang anda ingin...